David Sousa, penulis How the Brain learns, Menyodorkan sebuah saran atau tips menarik supaya sebuah pembelajaran lebih meningkat dan memberikan suasana baru bagi siswa. Karna otak sangat sensitif untuk menyukai hal-hal yang sifatnya baru dan menantang. Sousa, mengatakan " Menggunakan hal-hal baru tidak berarti bahwa seorang guru harus menjadi pelawak, dan anda tidak harus menyulap ruangan kelas menjadi arena sirkus".
Berikut beberapa tips Souza untuk memasukkan hal-hal baru kedalam proses pembalajaran yang saya kutip pada Buku Belajar cerdas (Jalaluddin Rahmat) :
1.
Humor
Dengan menggunakan humor dalam pembelajaran di dalam kelas (untuk semua tingkat) akan memberikan keuntungan plus.
2.
Gerak
Ketika kita duduk diam selama lebih dari dua puluh menit, darah di dalam tubuh terkumpul di pantat serta kaki kita. Dengan bangkit dan bergerak, kita melancarkan aliran darah. Dalam satu menit saja, kita akan memiliki 15% lebih banyak darah di dalam otak. kita benar-benar bisa berpikir lebih jernih sambil berdiri dari pada sambil duduk ! Anak-anak kadang-kadang duduk terlalu lama di dalam kelas, terutama di sekolah-sekolah menengah. Carilah cara untuk membuat mereka bangkit dan bergerak, terutama di saat mereka harus melatih secara Verbal apa yang baru saja mereka pelajari.
3. Pengarahan multi-indrawi
Anak-anak masa kini sudah terbiasa dengan lingkungan yang multi indrawi (melibatkan seluruh indrawi). Mereka akan lebih tertarik untuk memperhatikan pelajaran jika tersedia objek visual yang menarik serta berwarna-warni, serta jika mereka biasa berjalan-jalan di sekeliling kelas dan membicaraekan pelajaran yang mereka dapat.
4.
Kuis dan permainan
Mintalah murid-murid untuk membuat sebuah kuis atau permainan untuk saling menguji kemampuan mereka tentang konsep-konsep yang telah diajarkan. ini merupakan strategi umum yang sering diterapkan di kelas-kelas dasar, tapi jarang digunakan disekolah-sekolah menengah. Selain menyenangkan, permainan serta kuis memiliki nilai tambah, dalam arti mengharuskan murid-mukrid untuk berlatih dan mengerti sebuah konsep sebelum mereka membuat pertanyaan-pertanyaan kuis beserta jawabannya.
5
. Musik
Meskipun penelitian ini tidak memiliki bukti-bukti lengkap, terdapat beberapa keuntungan jika kita memainkan musik di dalam kelas pada waktu-waktu tertentu selama pelajaran.